Kamis, 26 April 2012

Ibu Rosidah "Fotografer tanpa jari"

 
>

Ini merupakan salah satu kisah inspiratif dan dapat memotivasi kita semua.


Inspiratif! satu kata yang kemungkinan besar terbesit di benak kita semua ketika melihat Ibu rosidah, seorang yang cacat secara fisik karena tidak memiliki jari di kedua tangannya sejak kecil, ternyata mampu untuk mengoperasikan kamera yang notabene memerlukan banyak aktifitas pada jari ini.

Bahkan ibu Rosidah juga “nekat” menjadikan profesi juru foto (fotografer) masuk sebagai salah satu channel untuk mencari nafkah baginya. Ibu rumah tangga berusia 45 tahun yang lahir dari keluarga sederhana ini masuk panti rehabilitasi penyandang cacat di Solo, Jawa Tengah. Cita-citanya saat itu memang ingin menjadi juru foto.

Namun karena sudah tidak lagi memiliki jari tangan di kedua belah tangannya, Rosidah berinisiatif untuk memodifikasi sendiri kamera yang ia gunakan sehingga bisa mengakomodasi kekurangan yang dimilikinya. Keseriusannya untuk menggeluti dunia fotografi ternyata makin meningkat ketika ia bersama sang suami yang profesi sebagai penjual es putar keliling mengontrak sebuah rumah di Desa Botorejo, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa tengah.

Rumah kontrakan sedehana yang mereka tempati itu disulap menjadi sebuah studio foto mini. Semangat sang srikandi fotografi ini memang mudah mengundang simpati orang lain, Beberapa kali Rosidah menerima bantuan peralatan fotografi. Salah satunya adalah Kamera yang kini dipakai digunakan oleh Rosidah adalah hadiah dari Pemerintah Daerah (pemda) Purworejo pada tahun 1995 yang lalu. saat itu ia baru memulai kariernya sebagai seorang fotografer profesional.

Perjalanan karier Rosidah pun berlanjut ketika ia diminta untuk mendokumentasikan beberapa acara pemerintah setempat maupun warga sekitar, dan tanpa diduga, banyak pihak puas akan kinerja ibu berusia 45 tahun ini, hingga kini ia menjadi juru foto (fotografer) tetap tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang dipimpin istri Bupati Purworejo. dari situlah nama Rosidah mulai dikenal, bahkan hingga ke mancanegara, salah satu buktinya adalah video dibawah ini:


Pesan moral yg dapat kita ambil adalah :
"Kita harus bersyukur dengan apa yang kita miliki dan tidak menganggap kekurangan sebagai batu sandungan mencapai kesuksesan.."
Ibu Rosidah telah membuktikannya.....!!!

Tidak ada komentar:
Write comments